Hay friends, Dengerin lagu yuks
Hehehehe ..
Andyrra

Male, 45 years

Batam, Indonesia

If you're doing your best, you won't have any time to worry about failure and The past can't see you, but the future is listening.

andyrra.com

translate

Java Filipino Czech English iran Romania Thailand Bangladesh India India French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

FOTO

Mounting created Bloggif

Senin, 04 April 2016

TV kena samber Petir


TV kena petir adalah hal yang menjengkelkan karena sudah pasti banyak bagian yang rusak yang harus diganti dan pikiran pertama kita adalah apakah masih bisa diperbaiki ? Sebab bagaimana tidak, bagi anda yang belum tahu tegangan dari petir bisa mencapai jutaan volt dan arus nya bisa mencapai 20.000 A. Sebagai perbandingan las listrik hanya menggunakan 200-450 A saja. Jika TV kena petir secara langsung yang bisa menjalar melalui antena maka jangan harap TV tersebut masih bisa diperbaiki karena sudah pasti mesin tv mengalami kerusakan yang parah, paling tidak hangus di sebagian PCB nya baik itu TV CRT, LCD, atau LED.
 Lalu apakah TV kena petir tersebut masih bisa diperbaiki ? sebenarnya sulit untuk menentukan jika belum dilakukan pengecekan terhadap TV tersebut. Jika TV kena petir tidak secara langsung atau hanya petir yang menjalar dari rumah tetangga misalnya maka kemungkinan kerusakan tidak parah.

Televisi yang dihidupkan bisa rusak jika ada sambaran petir disekitar antenanya.Walaupun antena televisi tersebut masih beberapa puluh meter dari petir, terkadang masih juga bisa terkena dampaknya.
Kenapa demikian?,,,karena saking besarnya voltase listrik dari petir,sehingga bisa merambat melalui udara ,mengenai antena TV anda dan mengaliri komponen elektronik pada TV.
Pada dampak yang ringan,tv hanya kehilangan penerimaan sumber gelombang sehingga tv tidak menampikan siaran TV chanel manapun.Karena unit RF pada televisi telah rusak ,konslet karena petir
Pada akibat yang lebih parah akibat petir,rangkaian elektronik TV seluruhnya bisa terbakar.
TV yang rusak akibat terkena petir biasanya akan lebih sulit diperbaiki,tergantung kekuatan dan jarak petir dari posisi antena TV.Bahkan seluruh modul yang menyokong mesin TeleVisi bisa rusak total, Tidak peduli TV anda masih baru atau sudah lama.Petir tidak pernah mengenal kata ampun
.
TV bisa rusak walaupun petir masih beberapa puluh meter dari antena?

Hal ini bukan cuma asumsi,karena saya sendiri sudah pernahmembuktikannya.Pada saat itu saya lagi asik berkomunikasi di radio 144Mhz.Saat itu Saya melihat kilatan cahaya petir dikejauhan dari jendela,bersamaan dengan itu saya tersentak kaget dan tanpa sadar melempar extramix radio komunikasi saya.Begitu sadar ternyata saya seperti terkena sengatan listrik tegangan tinggi,tubuh dan jantung terasa gemetaran sesudahnya.Karena antena radio saya waktu itu tidak menggunakan grounding kedalam bumi,sehingga listrik dari petir merambat dari antena dan kabel kemudian ke pesawat saya.Saya tidak bisa membayangkan, andai petir tersebut menghajar secara langsung kepada antena.
Pengalaman rekan rekan teknisi service tv kebanyakan menemui tanda tanda seperti berikut pada TV yang kena petir : 
    tv kena petir
  1. Jalur PCB pada board / mesin TV ada yang terbakar bahkan sampai mengelupas, biasanya jalur ground. 
  2. Ada jalur printed yang terbakar sampai mengelupas. Kebanyakan jalur merupakan sambungan ground. 
  3. Komponen semikondukter kebanyakan di power supply pecah / hangus bisa berupa IC, regulator, coupler, transistor, atau dioda. 
  4. Blok power supply biasanya mengalami kerusakan yang paling parah 
  5. IC memori data / Eeprom seringnya mengalami korup karena memang komponen ini sensitif. 
Blok power supply sering mengalami kerusakan paling parah sehingga menandakan petir masuk melewati jalur PLN, selama ini jarang petir bisa masuk lewat antenna walaupun bisa juga kemungkinan petir menyambar pohon tetap bisa menyebabkan kerusakan.

Tips memperbaiki TV Kena Petir

Nah buat rekan rekan teknisi service tv yang kebetulan dapat pelanggan TV rusak karena disambar petir berikut tips nya nih : 
  1. Sampaikan dulu ke pelanggan kemungkinan terburuk TV tidak bisa diperbaiki, biasanya pelanggan 
  2. sudah maklum jika kena petir. 
  3. Cek bagian power supply, cek sekring/ fuse, diode, transistor, FET atau IC power supply. Bagian ini yang paling sering rusak jika kena petir, cek output jika berkisar 110 – 115V pada kondisi normal. 
  4. Pastikan juga cek bagian bawah mesin tv, sering ditemukan jalur putus khususnya untuk jalur ground 
  5. Sebelum mengganti part power supply, cek fisik dulu komponen kontrol seperti MICOM, Horizontal, Vertikal, Tuner jika memang dalam keadaan baik maka lakukan perbaikan sesuai teknik masing masing 
  6. Jika kerusakan sudah terlalu parah, maka cara yang paling praktis ganti mesin China saja (khusus untuk TV CRT)

Pencegahan TV Kena Petir

kerusakan tv kena petir
Nah bagi pelanggan khususnya daerah nya menjadi langganan petir dan diperparah lagi dengan tidak adanya anti petir di instalasi listrik rumah harus berhati hati. Untuk amannya pada saat hujan lebat disertai petir lepas colokan kabel listrik dan colokan antenna lebih baik dicabut saja. Jika memungkinkan menggunakan antenna indoor lebih bagus lagi, kombinasikan dengan TV booster supaya sinyal yang diterima bisa lebih baik.
Satu lagi nih, dari hasil browsing ternyata sudah ada TV yang memiliki antipetir, yaitu samsung led tv F4105 dan F5105 (bukan ngiklan ya..). Jika TV ini kena petir maka petir akan diteruskan ke blok kapasitor yang menurut spesifikasi nya bisa menetralkan / meredam arus listrik yang melonjak tiba tiba hingga tegangan 8000 volt. Blok kapasitor ini fungsinya untuk menstabilkan arus listrik tersebut dan menyimpannya dalam bentuk medan listrik sehingga membantu mencegah kerusakan fatal akibat petir.

Semoga artikel tentang tips Tv kena petir ini bisa bermanfaat.

Get free daily email updates!

Follow us!



Share to Facebook Share this post on twitter Bookmark Delicious Digg This Stumbleupon Reddit Yahoo Bookmark Furl-Diigo Google Bookmark Technorati Newsvine Tips Triks Blogger, Tutorial SEO, Info

0   komentar

Cancel Reply